Selasa, 07 November 2017

Bab 3: Aku Memiliki Kemampuan (Kelas 7)

BAB 3
AKU MEMILIKI KEMAMPUAN

Kita adalah manusia yang diciptakan Allah menurut CitraNya, yang terdiri dari tubuh dan jiwa serta dilengkapi dengan berbagai macam anugerah.
Sebagai manusia, kita memiliki sifat kemanusiaan yang sama yaitu:
  • Kita dianugerahi tubuh dan jiwa
  • Memiliki banyak kemampuan untuk belajar dengan indra dan akal budi
  • Mengalami sesuatu dengan perasaan dll

Daya kemampuan yang dimiliki manusia merupakan bahan dasar yang diberikan Allah kepada kita untuk mengembangkan kecitraan dan kepribadian kita.
Dilain pihak, allah menciptakan kita masing-masingsecara unik dan khas, serta tidak tergantikan oleh siapapun.

Kita serupa tetapi tidak sama, baik dari segi kepribadian, fisik, mental, kecerdasan, intelektual maupun social. Kita tidak dapat menyamakan diri dengan orang lain, dan sebaliknya, apapun bakat dan kemampuan kita, kita harus saling menghargai dan menghormati keunikan dan kekhasan masing-masing.

Tugas kita adalah mengembangkan talenta-talenta pemberian Tuhan itu semaksimal mungkin, untuk meningkatkan keluhuran kemanusiaan kita dan demi pengembangan sesama.

Untuk semakin memahami kemampuan kita, sebaiknya kita mengerti dulu gambaran kita melalui aspek-aspek sebagai berikut:
  1. KEPRIBADIAN adalah: Pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang baik jasmani, mental, rohani, emosional maupun sosial yang terwujud dalam tingkah laku baik atau buruk sesuai dengan usahanya untuk menjadi manusia sebagaimana dikehendakinya.
  2. JASMANI /FISIK adalah: segala sesuatu yang berhubungan dengan fisik yaitu seluruh anggota tubuh kita seperti: bentuk wajah, ukuran tubuh, tinggi badan, warna kulit, jenis rambut dll
  3. SIFAT DIRI adalah: sifat yang ada didalam diri kita yang merupakan hasil dari pengalaman-pengalaman masa lampau yang berhubungan dengan orang lain baik dalam keluarga (orang tua, saudara, pembantu dll) masyarakat dan sekolah.
Sifat diri terbagi menjadi 2 yaitu:
·         Sifat Positif: sifat-sifat diri yang dapat membangun /menciptakan relasi/hubungan yang baik dengan orang lain seperti: Setia kawan, Jujur, Rendah hati, Sabar, Sederhana, Ceria dll
·         Sifat Negatif: sifat-sifat diri yang dapat merusak hubungan atau relasi dengan orang lain seperti: Pemarah. Egois, Pembohong, Pendendam, Pemalas dll

  1. BAKAT adalah: kemampuan bawaan (potensi) yang masih perlu dikembangkan dan dilatih. Bakat memungkinkan seseorang berprestasi jika dikembangkan dengan baik serta didukung dengan pengetahuan, latihan, pengalaman, dan motivasi diri.
  2. KEMAMPUAN adalah: daya untuk melakukan suatu tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan. Bakat yang dilatih dan dikembangkan akan menjadi suatu kemampuan.
  3. MINAT adalah: tingkat kesenangan terhadap sesuatu, benda, atau jenis kegiatan atau jenis pekerjaaan tertentu.
  4. CITA-CITA adalah: upaya manusia mengarahkan dirinya dimasa depan atau usaha untuk member makna, arti pribadi atas kegiatan, latihan, belajar, minat sehingga dapat menemukan apa peran sosialku bagi masyarakat.
Untuk menentukan cita-cita, kita harus menggali bakat (potensi diri) dan kemampuan, kepribadian dan keadaan fisik atau jasmani yang kita miliki. Dalam kesemuanya itu kita mengenal betapa anugerah Allah itu begitu agung dalam hidup kita.

Sebagai remaja kita sering mengalami kesulitan untuk mengetahui dan menyadari kemampuan yang kita miliki, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, baik dari diri sendiri maupun dari luar contoh:
  1. Dari dalam diri sendiri
·         Banyak remaja yang belum berupaya untuk menemukan kemampuan yang dimilikinya
·         Malas untuk mengembangkan kemampuannya
·         Tidak percaya diri bahwa dirinya memiliki kemampuan
  1. Dari luar dirinya
·         Pengaruh pola pendidikan dalam keluarganya
·         Kurang diberi kesempatan untuk berkembang dan meng aktualisasikan dirinya
·         Mudah terpengaruh oleh lingkungan
·         Kurangnya fasilitas yang tersedia untuk mengembangkan kemampuan yang telah dimilikinya dll

Kurangnya pengetahuan akan kemampuan serta kesempatan untuk mengaktualisasikan diri berdasarkan kemampuan yang kita miliki dapat menimbulkan kebingungan dan sikap iri terhadap kemampuan orang lain. Remaja dapat menjadi bingung dan selalu mencari-cari sehingga ia tidak mampu membangun arah hidup dan kegiatannya secara terarah  dan terencana.

Iman Kristiani secara tegas mengatakan bahwa Allah telah memberikan kepada setiap pribadi kemampuan-kemampuan khusus atau talenta secara berbeda satu dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan setiap orang menjadi pribadi yang unik.

Dalam Matius 25: 14-30, diungkapkan bahwa semua manusia dipanggil untuk menentukan kemampuan atau talentanya masing-masing serta mengembangkan nya sehingga menghasilkan buah-buah yang berguna, tidak hanya untukdirinya sendiri, tetapi juga untuk kepentingan bersama.
Bahkan secara tegas dalam Injil Matius 25: 14-30, juga terungkap bahwa Allah akan meminta setiap orang untuk mempertanggungjawabkan talenta yang telah diberikan untuk kemudian hari.

Dalam Perumpaman tentang Talenta (Matius 25: 14-30) digambarkan dua sikap manusia terhadap Talenta tersebut yaitu:
  1. Bersikap Bertanggung jawab dan mengembangkan talenta tersebut sehingga menghasilkan buah. Perlakuan Tuhan terhadap orang yang bersikap demikian adalah, Tuhan Allah mengajak mereka berbahagia bersamaNya.
  2. Bersikap tidak berbuat apa-apa, sehingga tidak menghasilkan apa-apa
Sikap Allah terhadap orang yang bersikap tidak bertanggung jawab dan tidak mengembangkannya adalah Tuhan merasa sedih dan terpaksa mengambilnya kembali karena talenta yang dikaruniakannya tidak menghasilkan buah apa-apa.

Cara yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan Kemampuan atau Talenta adalah:
  1. Melatih diri terus menerus tanpa takut salah atau gagal
  2. Masuk dalam organisasi bersama orang-orang yang memiliki bakat dan minat yang sama
  3. Belajar dan mau bertanya pada orang yang lebih berpengalaman dll

Karena Talenta atau kemampuan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, maka Allah menghendaki agar setiap orang bekerja sama dan saling melengkapi satu dengan yang lain.

Talenta atau Kemampuan tidak harus selalu diartikan sebagai bakat seperti: Main music, Bernyanyi, Menari, dll,melainkan dapat juga diartikan sebagai kemampuan khusus atau sifat-sifat baik yang apabila kita gunakan kita mampu mengembangkan diri, menjadi pribadi yang utuh serta dapat melayani sesame.












Tidak ada komentar:

MATERI PELAJARAN AGAMA KATOLIK KELAS XII: BAB V PERAN SERTA UMAT KATOLIK DALAM MEMBANGUN BANGSA INDONESIA

BAB V PERAN SERTA UMAT KATOLIK DALAM  MEMBANGUN BANGSA INDONESIA                A.    Situasi Negeri kita saat ini 1.       ...