Selasa, 07 November 2017

Bab 8: Seksualitas sebagai Anugerah Allah (Kelas 7)

BAB 8

SEKSUALITAS SEBAGAI ANUGERAH ALLAH

Pemahaman yang kurang memadai terhadap pengertian seks dan seksualitas dapat menyebabkan tindakan yang salah dalam pengungkapannya. Adapun pengertian dari seks dan seksualitas adalah sebagai berikut:
v  Seks adalah: Jenis kelamin ( pada manusia ada 2 pembagian jenis kelamin yaitu laki- laki dan perempuan)
v  Seksualitas berarti: keseluruhan yang menyangkut ciri kelaki-lakian atau keperempuanan yang ada pada manusia, baik yang menyangkut segi fisik, mental, maupun spiritualnya.

Secara singkat Seks adalah alat kelamin primer, sedangkan Seksualitas adalah keseluruhan ciri kepriaan dan kewanitaan. Maka Seks itu belum lengkap, hanya sebagian dari keseluruhan. Karena hanya sebagian dan tidak lengkap maka seringkali akan menimbulkan pandangan yang salah, porno, jorok, tabu dll.
Dengan demikian Seks hanya merupakan salah satu bagian dari Seksualitas dan kedua hal tersebut mempunyai kaitan erat satu terhadap yang lain.

Manusia adalah makhluk berjenis kelamin artinya: selalu berjenis kalamin pria atau wanita. “ Allah menciptakan manusia menurut Citra Allah, ia diciptakanNya, Ia menciptakan mereka pria dan wanita (Kej 1:27)

Dalam Gereja Katolik, keluhuran seks dan seksualitas sungguh dijaga baik oleh perintah Allah, yang ke-6 dan ke-9 dan disakralkan/disucikan dalam sakramen Perkawinan.
Seksualitas dalam perkawinan terkait erat dengan tugas hidup  atau panggilan setiap makhluk hidup yaitu:
v  Mempertahankan hidup dan mempertahankan jenisnya demi kelangsungan bangsa atau keturunannya
v  Pria dan wanita menjadi suami dan istri, menjadi ayah dan ibu dengan dasar cinta (perkembangan pribadi)
v  Menjadi partner Allah dalam karya penciptaan, yang berarti Ya terhadap Sabda Allah dan ikut serta dalam karya Allah
v  Kesejahteraan keluarga karena keluarga sebagai tempat pembentukkan manusia yang baru dalam masyarakat, bukan pabrik boneka, sehingga perlu adanya perencanaan dan tanggung jawab dari orang tua.
Hal-hal tersebut diatas sangat penting bagi kita agar melalui pengalaman yang membanggakan sebagai perempuan atau laki-laki, kita tetap berada pada jalan yang benar dan semakin mengkritisi berbagai pandangan tentang seksualitas yang keliru dalam masyarakat.

Kitab Suci memandang seks dan seksualitas sebagai:
v  Sesuatu yang  suci
v  Sesuatu yang perlu dihormati
v  Sesuatu yang dijalankan secara bertanggung jawab

Sejak awal mula, Allah telah menciptakan seisi dunia ini baik adanya. Dari semua ciptaan Allah, manusia adalah ciptaan Allah yang paling luhurkarena dicipta sebagai Citra Allah (Kej 1: 26-27), yang diberi kuasa atas makhluk-makhluk lain (Kej 1:27)
Dalam Kej 1: 27, diungkapkan bahwa sejak semula manusia diciptakan Allah sebagai laki-laki dan perempuan yang ditandai

Sebagai Citra Allah, manusia diberi anugerah dan tugas untuk memelihara dunia seturut kehendak Allah.
Manusia yang diciptakan sebagai laki-laki dan perempuan sama-sama diberkati oleh Allah dan sejak awal pembentukannya sudah ditandai dengan adanya ciri-ciri yang khusus atau unik yang dapat saling melengkapi.

Seksualitas merupakan suatu anugerah Allah yang patut disyukuri. Keindahan Seks laki-laki dan perempuan justru tampak dalam keteraturan dan koordinasinya yang luar biasa.



























Tidak ada komentar:

MATERI PELAJARAN AGAMA KATOLIK KELAS XII: BAB V PERAN SERTA UMAT KATOLIK DALAM MEMBANGUN BANGSA INDONESIA

BAB V PERAN SERTA UMAT KATOLIK DALAM  MEMBANGUN BANGSA INDONESIA                A.    Situasi Negeri kita saat ini 1.       ...